Kamis, 02 Agustus 2012

JANGAN KULIAH DI KAMPUS BIASA


Memilih perguruan tinggi kadang menjadi keputusan yang susah bagi kamu” anak-anak SMA/K karena bukan hanya masalah biaya tapi juga kualitas perkuliahan dan lulusannya. Seperti beli kucing dalam karung, keliatannya uang kuliah murah diawal tapi pas kuliah banyak banget pungutan seperti uang ujian, seragam, praktek dll dll yang akhirnya uang kuliah di tempat “murah” itu pun jadi mahal. Makanya jangan tergiur diawal, tanya dengan sejelas”nya dan sedetil”nya apa aja biaya yang akan dipungut selama kuliah. Belum lagi ada janji akan ditempatkan “langsung bekerja” tapi  harus bayar uang administrasi yang ga sedikit. Eits… tunggu dulu untuk apakah uang itu? Jangan” untuk bayar gaji kita sendiri saat bekerja… terdengar konyol bukan kita menggaji diri sendiri :-D Atau memang ditempatkan bekerja diseluruh Indonesia tapi di daerah yang tidak populer dimana kamu juga ga mau pergi ke kota tersebut sehingga pada akhirnya… cape deh cari kerja sendiri.

MASALAH” YANG GA PENTING
Kadang ada masalah kampus yang tidak perlu kamu tahu tapi jadi masalah dikemudian hari. Misalnya kamu baru sadar kalo kampusnya ga punya gedung sendiri alias kontrak. Kalo kontrakannya habis ya kampusnya pindah ke lokasi yang mungkin lebih buruk dari tempat sebelumnya. Kalo ada yang nanya “kampus lo yang mana sih”, mungkin dengan malu menjawab kalo kampusnya pindah” atau ga jelas mau bilang kampus di gedung yang mana karena banyak pake gedung kontrakan.  Kadang fasilitas praktek pun sewa dari pihak lain sehingga ga heran prakteknya pindah” atau bahkan tiba” tidak ada . Belum lagi urusan dosen”nya ga berkualitas karena terlihat muda” dan asyik padahal miskin pengalaman sehingga kuliah pun jadi ga berkualitas. Fasilitas minim pun jadi masalah seperti ruang kelas yang gerah karena tidak berAC buat kuliah jadi ga nyaman, metoda kuliah yang jadul hanya pertemuan kelas dengan alat bantu yang kuno tanpa multimedia projector/infocus, belum lagi lingkungan kampus yang semrawut dengan lalu lintas dan masyarakat dll.

MAHASISWA KUPU” ALIAS KUliah-PUlang
Awal” kuliah akan terasa menyenangkan karena suasana bertemu teman baru, hidup bebas jauh dari ortu dll. Tapi mungkin kamu baru sadar beberapa bulan kemudian kalo kamu kuliah di kampus yang garing, ga ada kehidupan alias jadi mahasiswa kupu”. Dan kamu masih punya 2-3 tahun lagi kuliah di lingkungan yang ga asyik itu… OH NO!!! Makanya pilih kuliah di kampus yang ngedukung kegiatan kemahasiswaan dengan fasilitas yg OK supaya tidak menjadi mahasiswa biasa.

JANGAN KULIAH DI TEMPAT BIASA
Politeknik Pajajaran Bandung adalah kampus idaman anak” SMA/K dimana lingkungan kampusnya yang modern di kawasan industri dan niaga yang aman, nyaman dan bersih. Fasilitas praktek setiap jurusan lengkap dan modern. Biaya kuliah terjangkau dan tidak ada pungutan” tambahan selama kuliah, bikin hati tenang selama kuliah. Poljan mengenal sistim Satu Harga Untuk Semua jadi uang kuliah udah termasuk semua biaya seperti ujian, praktek, seragam dll(link uank kuliahl.  Kuliah ga pake pusing dengan pungutan” yang ga jelas. Tapi jangan salah semua komponen biaya bisa dicicil sesuai keinginan mahasiswa.

Untuk urusan penempatan kerja Poljan punya rumusan sendiri.  Menyalurkan kerja bukanlah hal yang susah dijaman sekarang apalagi untuk lulusan D3 yang siap kerja. Bagi Poljan masalahnya apakah lulusan D3 mau hanya kerja di posisi yang biasa” saja? Poljan punya program mempersiapkan lulusannya mendapatkan posisi kerja di atas rata” dengan cara membantu membuatkan surat lamaran, melatih wawancara kerja dan pengembangan soft skill seperti komunikasi, berpikir kreatif dan kompleks dll. Untuk penyaluran kerja Poljan punya |Job Centre & Career Centre (JPCC)| yang bekerjasama dengan mitra” industri Poljan dan untuk jurusan perhotelan Praktek Kerja Lapangan dan penempatan kerja bahkan sampai ke luar negeri.

Sistim perkuliahan di Poljan memang unik, selain mengadopsi kurikulum internasional dan nasional, komposisi  70% praktek dan 30% teori praktis, penekanan kepada kompetensi dan  konsep belajar sambil bekerja di unit-unit usaha  yang dimiliki di tiap jurusan. Dosen”nya datang dari akademisi dan praktisi lulusan S2 dan S3 dalam dan luar negeri. Selain dosen local, Poljan menghadirkan pengajar” asing seperti dari Australia, Amerika, Inggris, Korea dan Jepang. Setiap ruang kelas kuliah nyaman ber-AC dan dosen mengajar dengan cara” yang kreatif dan modern seperti dengan multimedia projector (infocus). Tak jarang loh kuliah bisa di luar ruangan kelas, studi kasus, hingga belajar dengan permainan. Gedung  kampus dan fasilitas praktek milik sendiri sehingga jangan kuatir kegiatan praktek dan kampus Poljan ga bakalan pindah” deh. 

Untuk urusan kegiatan kemahasiswaan Poljan juaranya deh. Puluhan Unit Kegiatan Mahasiswa| dengan fasilitas penunjang seperti studio music, mini gym (fitness centre), student lounge, student café dll. Bakat dan talenta lainnya dibina oleh para professional dibidangnya seperti modeling, acting, vocal, sulap, bottle juggling dengan tujuan menyalurkan mahasiswa berbakat ke panggung” hiburan. Senat mahasiswa sebagai wadah semua UKM secara rutin mengadakan pentas seni, kegiatan sosial, pelatihan dan workshop dll. Oh ya satu hal lagi yang ga kalah pentingnya… Poljan tidak mengenal OSPEK melainkan orientasi pengenalan kampus dibidang seni, bakat, sosial, olah raga, kewirausahaan, kepemimpinan. Asyiknya kuliah di kampus gaul yang modern dan berwawasan global.

Jika kamu ingin mendaftar bisa melalui 2 jalur yaitu jalur umum dan jalur prestasi (seni, olahraga, kepemimpinan dan akademik) (link). Bisa mendaftar secara online atau datang langsung ke kampus Poljan di kawasan industri dan niaga Grand Surapati Core Jl. PH. H. Mustofa 39 Bandung.

Website: www.poljan.ac.id, email: info@poljan.ac.id

Telp: 022-7104355, Hotline 24 Jam: 0821 115 77 66 55

PIN BB: 232e1970, Twitter: @poljanbdg, Facebook: www.facebook.com/politeknik.pajajaran , YouTube: www.youtube.com/poljantv

POLITEKNIK PAJAJARAN, a Campus with STYLE!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar