Rabu, 08 Agustus 2012

Prof. Ade Sadikin: Keberhasilan Pembangunan Indonesia Baru Berasal dari Pemanfaatan SDA

Selasa, 13/09/2011 - 18:56
BANDUNG, (PRLM).- Keberhasilan pembangunan yang selama 32 tahun dibanggakan dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 7 persen hanya berasal dari pemanfaatan sumberdaya alam intensif dan arus modal asing. Bukan berasal dari kemampuan manajerial dan produktivitas SDM yang tinggi.

"Keterpurukan ekonomi nasional yang berkepanjangan hingga kini merupakan bukti kegagalan pembangunan akibat rendahnya kualitas SDM," kata Prof. Ade Sadikin Akhyadi, Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang SDM, dalam orasi ilmiah Wisuda ke-XVI Ahli Madya Politeknik Pajajaran di Hotel Savoy Homann Jln. Asia Afrika Bandung, Selasa (13/9).

Menurut Ade, rendahnya SDM Indonesia diakibatkan kurangnya penguasaan Iptek. Padahal aspek Iptek yang semakin pesat menjadi salah satu penunjang globalisasi. "Dengan kata lain, globalisasi yang ditunjang dengan Iptek telah menjadikan dunia menjadi transparan tanpa mengenal batas-batas negara. Sementara SDM yang berkualitas menjadi kunci persaingan global yang selama ini kita abaikan," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar