Selasa, 09 Oktober 2012

Politeknik Pajajaran: Mendidik Calon Pengusaha

Indonesia masih kekurangan pengusaha. Menurut data jumlah pengusaha di Indonesia kurang dari 1% dimana setidaknya di negara-negara maju sebesar 3-5%. Politeknik Pajajaran (Poljan) tergerak untuk memberi sumbangan dalam menciptakan pengusaha masa depan dan menjadi perguruan tinggi yang berbasis kewirausahaan dengan menanamkan jiwa wirausaha sejak awal perkuliahan. Di Poljan mahasiswa baru (maba) mengembangankan bakat wirausahanya melalui kuliah umum kewirausahaan, mewujudkan ide bisnisnya, presentasi di depan juri serta memasarkan produknya. “Poljanselalu berusaha mengedepankan kegiatan pengenalan kampus dan lingkungan yang positif serta memastikan di lapangan tidak ada kegiatan bersifat kekerasan dan pelecehan. Bahkan sikap senioritas tidak berlaku di Poljan melainkan sikap kekeluargaan dari mahasiswa tingkat atas ke maba”, jelas Limbert Hutahaean ST., MA selaku Pembantu Direktur III (Kemahasiswaan). Para maba sangat antusias dengan pengalaman baru ini karena sangat menantang dan mengasah kreatifitas. “Tak disangka Rainbow Pudding yang kelompok saya buat sangat laku di KoperasiMahasiswa dan Student CafĂ© Poljan. Konsep belajar kewirausaah seperti ini sangat efektif dan membumi. Saya rasa saya siap merintis usaha ini selama berkuliah di Poljan”, tutur Fizi Faoziah maba asal Garut.

Presentasi Kewirausaahan di depan panel dan beberapa produk hasil karya mahasiswa baru

Selain kewirausahaan mereka diberikan materi pengembangan ketrampilan dibidang IT dan kemampuan bahasa Inggris yang diajarkan bersama penutur asli (native speaker) dari Australia. Kehadiran native speaker di Poljan bukan hanya mengasah kemampuan bahasa Inggris tapi juga membangkitkan keberanian mahasiswa untuk berbicara dengan orang asing. “Seperti kebanyakan orang Indonesia, awalnya saya takut berbicara dengan Mr. Reville, namun ketika dia mengerti bahasa Inggris saya, rasa percaya diri saya meningkat dan bisa menjadi tolak ukuran kalau bahasa Inggris saya cukup baik”, ungkapkan Tiara Anisa Putri maba asal Palembang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar