Kamis, 30 Agustus 2012

Politeknik Pajajaran Kuliah Singkat di Kampus Bermutu


Fakta telah membuktikan, kualitas suatu negara dapat tercermin dari sistem pendidikan dari hasil (output) dari pendidikan itu sendiri. Untuk mencapai hasil yang berkualitas, tidak semudah mengembalikan telapak tangan. Diperlukan dedikasi, pengorbanan, keinginan yang kuat dan kecintaan di bidang pendidikan. Membangun citra bangsa dengan membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas, menjadi tujuan utama para pelaku pendidikan.
Sadar pada kenyataan itu, Politeknik Pajajaran, yang bernaung di bawah Yayasan Insan Cinta Bangsa (ICB) berdiri tahun 1989, sejak awal memposisikan diri sebagai institusi pendidikan yang mencetak calon – calon mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan, maka tak heran setiap lulusannya memiliki kemampuan dan kompetensi yang tinggi. “hal ini menunjukan kesungguhan dan keseriusan para pendiri dan pendidik Poljan dalam mendidik putra – putri bangsa.” Tutur Direktur Poljan Drs. Parlindungan Hutahaean, MM. didampingi Ketua Yayasan ICB Ny. Bonur Simangunsong, SH,.MH. di kampusnya belum lama ini.
Cara pendidikan di Poljan berbeda dengan kampus – kampus lainnya, yaitu melalui metode dan pendekatan unik dan modern. Jika kebanyakan kampus adalah tempat  kuliah, maka Poljan mengubah konsepnya menjadi “Tempat Anak Kuliah Beraktualisasi dan Mandiri.” Tidak heran jika cara belajar dan menyatakan pendapat mereka mengarah pada kemampuan soft skill dan pemberdayaan otak kiri – otak kanan (IQ, EQ, SQ), “ tegas Parlindungan.
Para dosen/tutor  lulusan S2, S3 dari dalam dan luar negeri gahkan profesor, dan juga praktisi – praktisi yang dibantu oleh 3 tenaga staff khusus lulusan Inggris (Sunderland & Strathclyde University) dan Wollongong University Elyana,. S.Ip, MA., sehingga mampu berperan bukan sekedar akademisi, melainkan tampil sebagai fasilitator dalam memecahkan studi kasus. Itu semua mahasiswa lulusan Poljan memiliki keprcayaan yang tinggi, public speaking dan interpersonal skill yang di atas rata – rata.
Sejalan dengan itu, Poljan memiliki visi “Menjadi Politeknik Terkemuka di Jawa Barat Tahun 2015” sehingga mampu bersaing secara global. Sedangkan misinya yaitu memiliki kompetensi dalam berbagai bidang keahlian, menguasai teknik dan metode untuk menyelesaikan tugas – tugas dan masalah yang dihadapi dengan standard operasional prosedur ; mampu mengimplementasikan dan mengembangkan sistem informasi berbasis teknologi komputer, memiliki daya saing yang tinggi dengan menguasai bahasa asing, baik lisan maupun tulisan sesuai kebutuhan di era globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar