Jumat, 11 April 2014

TIPS SUKSES "UJIAN NASIONAL"

 "UJIAN NASIONAL" adalah Ujian yang diberikan siswa kelas akhir dari berbagai tingkatan mulai tingkat SD/MI ( Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah ), SLTP/MTs ( Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dan Madrasah Tsanawiyah ) dan juga SLTA / MA ( Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Madrasah Aliyah ). Persiapan yang harus dilakukan mulai mental, kesehatan dan kemampuan otak agar dalam pelaksanaan Ujian Nasional nanti bisa berhasil secara maksimal sesuai dengan diharapkan.

Karena Ujian Nasional adalah salah satu bentuk dari kebijakan Kemendikbud, dalam melaksanakan programnya. yang harus dilaksanakan setiap tahun. dan mungkin akan menjadi agenda setiap tahunnya. selain itu Ujian Nasional adalah bagian dari pengukur kemampuan materi siswa dari awal belajar hingga akhirnya ketika tingkat akhir di ulang kembali dalam sebuah lembaran soal.

Terkadang Ujian Nasional menjadi sebuah hal yang dapat menakutkan sejumlah siswa, karena pada kaitannya Kebijakan Pemerintah yang memberikan untuk kelulusan itu di tentukan oleh nilai UN.
60% UN + 40% SEKOLAH

Hal itu yang membuat siswa-siswi yang akan mengikuti UN merasa takut, karena kelulusan selama 3 tahun belajar di sekolah hanya di tentukan dengan 3 hari UJIAN NASIONAL.

Tapi Bangsa Indonesia, Membutuhkan Generasi yang akan lebih memajukan Negaranya, maka dari itu Indonesia membuat sebuah Ujian, yang akan menjadi tolak ukur sampai mana kemampuan para generasi mudanya. hingga akan mencetak para generasi yang akan membanggakan Bangsa Indonesia.

Kita sebagai Generasi Bangsa harus bangga akan adanya UN, jangan di bawa stress.. di buat rileks saja supaya pas waktu UJIAN tidak ada hal yang mengganggu ketika Ujian Nasional berlangsung.


yapss, itu sekilas UJIAN NASIONAL

Nih, yang belum tahu Jadwal UN dari Politeknik Pajajaran Khusus SMA/SMK/ Sederajat

 SMA/MA/SMK/MAK dan SMALB 14-16 April 2014
                                                           22-24 April2014 (susulan)
Program Paket C Periode I 14-16 April 2014
(IPA/IPS) Periode II 19-22 Agustus 2014


Selain itu Politeknik Pajajaran Mau berikan Tips bagaimana supaya UJIAN NASIONAL bisa SUKSES!YES!!..

1.PERSIAPAN AWAL YANG MATANG
Bangunlah lebih pagi, supaya kamu bisa datang lebih awal dan lebih tenang ketika masuk kelas. dan mengecek semua barang yang berkaitan dengan UN Seperti, semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2. TENANG DAN PERCAYA DIRI
Yakinkan pada diri kamu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik. Karena percaya diri merupakan poin penting dari salah satu kesiapan dalam ujian nasional. Tanpa adanya kepercayaan diri terkadang otak kita bisa blank hilang konsentrasi. Caranya bisa dengan duduk yang tenang, santai, rileks.

3.BACA, CERMATI DAN FAHAMI SOAL
Tips Menghadapi Ujian Nasional yang ini sangat penting, Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

4. HATI-HATI DALAM MENGISI LEMBAR JAWABAN KOMPUTER (LJK)
Dalam mengisi Lembar Jawab Komputer (LJK) sebaiknya hati-hati, jangan sampai basah, terlipat dan selalu menjaga LJK dari minyak, jika hal ini terjadi yang ditakutkan adalah tidak mesin scanner tidak dapat mendeteksi jawaban anda. Tentunya hal ini sangat fatal.

5. SISIHKAN 10% WAKTU UNTUK MEMERIKSA ULANG JAWABANNYA
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

6. AWALI DAN AKHIRI DENGAN BERDOA
Sebelum kita mulai mengerjakan dan sesudah mengerjakan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberikan hasil yang baik. Kita hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan. Tuhan senantiasa akan melihat kesungguhan usaha kita. Tuhan pun akan melihat kesungguhan hambaNya. Mudah-mudahan hasil yang akan di capai pun dapat memuaskan dan memberikan motivasi agar lebih semangat.

Itu tips yang kami berikan, sukses untuk yang mengikuti UJIAN NASIONAL 2014
semoga tahun sekarang bisa Lulus 100% amin


Politeknik Pajajaran
Jl. PHH Mustofa No. 39 (Garand Surapaticore) BANDUNG
TELP: (022)7104355
Hotline : 082115776655
facebook : Politeknik Pajajaran
Twitter : @poljanbdg
PIN : 232E1970

Tidak ada komentar:

Posting Komentar